Inilah Kemampuan yang Muncul pada Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

perkembangan bayi usia 5 bulan

Umumnya perkembangan bayi usia 5 bulan si kecil sudah mulai mencoba posisi duduk dengan tengkurap dan menopang tubuhnya menggunakan kedua tangan. Akan tetapi posisi ini sepenuhnya masih belum stabil, terutama di awal-awal lima bulan pertama. 

Bayi yang menginjak usia 5 bulan biasanya mempunyai berat 6 hingga 9,2 kilogram dan panjangnya bisa mencapai 62 hingga 70 cm. Sementara, bayi perempuan umunya akan berbobot 5,5 hingga 8,7 kilogram yang panjangnya bisa mencapai 60-68 cm. 

Kemampuan Bayi usia 5 Bulan 

Bayi usia 5 bulan masih sangat lucu dan menggemaskan, namun pada periode ini bayi juga sudah mengalami banyak sekali perubahan. Inilah berbagai kemampuan bayi yang dapat ditunjukkan. 

Kemampuan Motorik 

Di usianya yang masih 5 bulan maka kemampuan motorik pada bayi juga akan lebih terlihat. Bayi dapat berguling dimulai dari terlentang hingga tengkurap dan kembali membalik badan. Bahkan, ada juga bayi yang sudan mulai duduk tanpa perlu ditopang namun hanya beberapa saat. Biasanya ketika sudah merasa capek, bayi akan menangis untuk memberi kode pada Anda. 

Memegang botol minuman sendiri 

Di usia 5 bulan bayi dapat pula mulai memegang botol susunya sendiri. Meski demikian, Anda tetap harus mengawasinya supaya bayi tidak tersedak saat meminum sendiri susu melalui botol minumannya. 

Latihan bermain 

Bermain melatih berbagai otot motorik dengan mengajarinya memegang mainannya. Ajarilah bayi bermain dengan mainan yang berbunyi, tepuk tangan, dan bernyanyi. Cara-cara tersebut dapat menstimulasi dengan baik perkembangan koordinasi seluruh anggota tubuh. 

Kemampuan Berbicara 

Berbagai suara yang bayi dengar akan membimbing mereka mengeluarkan suara-suara lucu. Di usianya yang baru genap 5 bulan bayi biasanya akan mengeluarkan suara dan dapat menirukan berbagai suara yang pertama kali baru didengarnya. 

Kemampuan Sosial 

Perkembangan bayi usia 5 bulan ini juga terlihat dari respon si kecil yang dapat menoleh ke arah suara yang didengar dan tersenyum seolah apa yang dilihat adalah lucu. Ini hal yang paling menggemaskan dari seorang bayi 5 bulan. Biasakanlah bayi berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya untuk mengajak mereka bersosialisasi. 

Penglihatan bayi mulai tajam 

Pada usia 5 bualn pertamanya penglihatan bayi semakin tajam dan persepsinya dalam melihat warna juga semakin berkembang. Bayi mampu membedakan perbedaan gradasi warna seperti, merah muda dan merah tua. 

Berikan pengalaman-pengalaman baru pada perkembangan bayi usia 5 bulan seperti mengajak mereka pergi ke taman, supermarket dan area sekitar rumah. Dia dapat melihat warna-warna yang baik untuk perkembangan motoriknya. Nah, untuk menjaga kulit agar terhindar dari polutan berbahaya cegah dengan Zwitsal body lotion yang melindungi kulit bayi dari dampak buruk polusi udara dan sinar UV saat berada di luar rumah. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Previous
Next Post »