4 Cara mengobati Flu Berat Pada Anak-anak dan Dewasa

cara mengobati flu berat

Di musim penghujan seperti saat ini umumnya daya tahan tubuh kita akan rentan terserang oleh virus, misalnya virus penyebab penyakit flu. Walaupun pada dasarnya penyakit ini bisa sembuh sendiri, namun tetap saja dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk itulah kita juga perlu tahu bagaimana cara mengobati flu berat.

Penyakit flu bisa menyerang semua kalangan, mulai dari balita hingga lansia pun menjadi langganan penyakit satu ini. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya batuk dan pilek. Berikut adalah beberapa cara mengobati flu berat yang dapat diterapkan.

1. Perbanyak makan buah dan sayuran

Cara memelihara daya tahan tubuh agar tetap kuat dalam melawan virus adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran sangat efektif meningkatkan kekebalan tubuh karena vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayuran sangat baik dalam menjaga sistem imun agar tetap stabil.

2. Minun minuman yang hangat

Ketika kita terserang flu maka cairan tubuh kita akan keluar melalui keringat, ingus, ludah dan lainnya. Agar tubuh tidak kekurangan cairan mengonsumsi minuman yang hangat sangatlah diperlukan. Karena selain mengembalikan cairan tubuh, minuman hangat dapat meredakan hidup yang tersumbat oleh ingus.

3. Terapi uap tradisional

Ketika kita terserang penyakit flu tentunya hidung kita akan dipenuhi dengan ingus yang membuat hidung tersumbat. Hal ini jelas sangat mengganggu aktivitas. Cara mengobati flu berat yang bisa dicoba yaitu dengan terapi uap tradisional.

Caranya sangat gampang yaitu cukup siapkan wadah kecil atau baskom yang berisi air hangat yang telah diberikan minyak kayu putih atau sejenisnya, lalu uapkan wajah pada wadah yang berisi air hangat tadi yang telah ditutupi kain tipis. Cara ini terkenal sangat efektif dalam mengobati flu berat.

4. Mandi dengan sabun yang mengandung antiseptik

Selain beberapa langkah di atas tadi, mandi menggunakan sabun antiseptik juga dapat membunuh kuman dan virus yang dapat menyebabkan penyakit semakin parah.

Sabun antiseptik yang terbukti dapat membunuh kuman dan virus seperti virus flu adalah sabun mandi Lifebuoy. Sabun ini sejak dulu selalu dijadikan pilihan nomor satu keluarga Indonesia. Terlebih sabun mandi ini telah teruji secara klinis dapat melindungi kulit dari kuman. Sehingga tepat dijadikan perlindungan harian kita.

Demikianlah beberapa cara mengatasi flu berat yang dapat dicoba. Perlu ditekankan lagi bahwa flu adalah penyakit, jadi sekalipun penyakit ini bisa sembuh tanpa pengobatan khusus, kita tetap disarankan untuk mengatasinya sedini mungkin. Tidak harus mengandalkan obat-obatan kimia, selama yang alami bisa dengan mudah didapatkan, maka yang alami harus diutamakan. Lebih dari itu pastikan kita juga menjaga kebersihan diri, pakaian dan tempat tinggal.
Previous
Next Post »