Pilih Air PDAM atau Sumur Sendiri? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui


Air mempunyai arti yang sangat penting sehingga dibutuhkan proses pengelolaan agar dapat dimanfaatkan secara baik dan berimbang antar makhluk hidup, manusia, binatang, tumbuhan dan pepohonan karena semua bergantung kepada air. Karena air adalah sumber kehidupan. Di samping itu, air merupakan anugerah yang harus dikelola sedemikian rupa agar tidak menjadi sumber konflik antar sesama. Oleh karenanya para pendiri bangsa ini dengan sangat cerdas mengatur semua aset kekayaan alamnya harus dikuasai oleh negara dan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Nah, untuk keperluan sehari-hari rumah tangga biasanya kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan penggunaan air. PDAM merupakan badan usaha bentukan pemerintah yang membuat penyaluran air ke perumahan-perumahan lebih mudah, membuat pasokan air bersih setiap rumah menjadi terjamin. Ditambah dengan berbagai kemudahan lainnya seperti cek tagihan dan cara pembayarannya, anda bisa bayar secara offline ataupun bayar tagihan air PDAM online yang bisa anda lakukan dimana saja termasuk di Bukalapak.

Sebagai manusia tentunya kita akan dihadapkan pada berbagai pilihan dalam hidup termasuk dalam cara mengkonsumsi air. Apakah anda memilih untuk menggali sumur sendiri atau anda berlangganan air di PDAM? Berikut hal yang perlu anda ketahui

  • Air PDAM, sudah pasti bersih dan layak konsumsi baik untuk mencuci hingga untuk diminum. PDAM biasanya mengolah air yang bersumber dari waduk atau sungai besar di daerahnya, lalu menyalurkannya ke rumah-rumah warga melalui pipa-pipa yang telah mereka pasangkan sebelumnya.
  • Menggunakan air PDAM dapat menghemat waktu dan tenaga. Ya, dibandingkan dengan penggunaan air sumur anda akan butuh waktu untuk mengambilnya bila menggunakan timba, namun saat ini sih sudah dipermudah yaitu menggunakan mesin pompa air.
  • Bagi kota-kota besar seperti Jakarta penggunaan air PAM / PDAM dirasa akan lebih murah sebab bila menggunakan air sumur atau air tanah akan dikenakan pajak. Pajak tinggi diberlakukan karena pengambilan air tanah secara besar-besaran telah mengakibatkan turunnya permukaan tanah Jakarta, 6 hingga 12 cm setahun! Tak heran, banjir yang melanda Ibu Kota tambah lama tambah tinggi.
  • Untuk daerah atau lokasi yang air tanahnya jelek, maka air PDAM merupakan pilhan yang tepat untuk sumber air keluarga anda. Maka sebelum membuat sumur bor pastikan dahulu kualitas air tanahnya bagus atau tidak. Bila tidak maka segera ambil pilihan dengan air PDAM.
  • Pada musim kemarau para pengguna air PAM tidak akan merasa kebingungan, sebab sumber air PDAM sudah ditanggung oleh Perusahaan Daerah tersebut. Jadi para perusahaan akan berusaha mati-matian untuk mencukupi kebutuhan air para pelanggan PDAM. Sedangkan untuk air sumur, bila musim kemarau biasanya air akan menjadi keruh bahkan sumur bisa kering juga.
  • Kualitas air PAM / PDAM akan selalu terjaga. Bila menggunakan air sumur maka kualitasnya akan berubah-ubah sesuai musim. Bila musim penghujan maka air akan keruh menyesuikan air di lingkungan sekitar, sedangkan bila musim kemarau masalah terbesarnya adalah kekeringan.
  • Anda dipaksa berhemat air. Air di bumi ini memang banyak. Namun tidak semua air itu bersih. Sehingga kita harus menhemat penggunaan air sebagai tanda syukur kepada Tuhan. Dengan berlangganan air PDAM anda akan dipaksa hemat air dan menggunakan air sesuai kebutuhan karena jika anda menghamburkan air maka tagihan air biaya air pun akan meledak juga.
Previous
Next Post »