Mengenal Aneka Jenis Cat untuk Menyempurnakan Penampilan Mobil


Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan tampilan mobil. Bukan hanya modifikasi saja yang dapat menjadi pilihan. Pilihan lain yang tak kalah menarik adalah melakukan proses pengecatan ulang. Jika kita melakukan pengecatan ulang, maka penampilan mobil akan tampak seperti baru. Kita bisa memilih warna dan jenis cat sesuai dengan kebutuhan.

Ternyata ada beberapa jenis cat yang menghasilkan karakteristik yang berbeda-beda. Sebelum menentukan pilihan catnya, alangkah lebih baik bila kita mengenal jenis-jenis cat tersebut terlebih dahulu:

Cat Stoving

Jenis cat yang satu ini memiliki kualitas unggulan dan hanya bisa dilakukan di bengkel-bengkel besar. Biasanya cat stoving juga dikenal dengan sebutan cat oven. Karena proses pengecatan memang membutuhkan oven untuk mengatur pembakaran cat.

Hasil cat yang dihasilkan sangat menarik dengan tekstur yang keras sehingga tak mudah tergores. Selain itu, cat stoving juga relatif awet dan tak mudah pecah meski sudah bertahun-tahun. Kita harus merogoh kocek agak dalam bila ingin memilih jenis cat ini untuk mobil kesayangan.

Cat Urethene

Cat urethene terdiri dari campuran lacquer yang diberi tambahan zat aditif (hardener). Proses pengerjaannya relatif cepat. Hanya butuh waktu 8 hingga 9 jam sampai proses finishing. Kualitas penampilan yang dihasilkan pun tak kalau berkilau dengan cat stoving.

Salah satu kekurangan cat urethene adalah mudah tergores. Namun kita tak perlu khawatir. Karena goresan tersebut bisa hilang dengan mengoleskan krim anti nyamuk dan menggosoknya secara perlahan-lahan.

Cat Lacquer

Bahan dasarnya sama dengan cat urethene, tetapi tanpa tambahan zat aditif. Bengkel yang tak memiliki fasilitas oven pun bisa mengerjakan pengecatan dengan cat lacquer. Karena jenis cat ini mudah kering meskipun hanya terkena sinar matahari. Harganya terjangkau sehingga menarik minat banyak pemilik mobil. Sayangnya, cat lacquer tampak mudah memudar setelah digunakan selama 1 hingga 2 tahun. Penampilan mobil pun bisa kelihatan kusam bila kita tak mahir merawatnya.

Mulai sekarang, kita mesti lebih cermat memilih jenis cat terbaik untuk mobil kesayangan. Bukan hanya cat berkualitas yang akan melindungi mobil kita. Karena kita juga butuh asuransi all risk yang akan memberikan proteksi maksimal. Pilihan produk asuransi mobil kini semakin bermacam-macam. Jadi, kita harus benar-benar teliti memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Kepemilikan asuransi all risk akan membuat kita tenang dan nyaman saat mengemudikan mobil kesayangan.
Previous
Next Post »