7 Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Memilih Rumah di Perumahan


Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Ketika Anda menjadikan rumah sebagai tempat tinggal, tentu Anda juga memiliki harapan untuk memiliki rumah sendiri. Sekarang ini, banyak orang yang ingin membeli rumah baru sebagai hunian mereka, namun memilih rumah tak semudah yang ada di pikiran. Pastinya, ada rentetan atau urutan proses dalam melakukan hal itu untuk memilih yang terbaik.

Di perumahan yang sering dijumpai, pasti tidak hanya rumah saja yang dibangun oleh pengembang tapi juga terdapat berbagai fasilitas, seperti masjid, toko, sarana olah raga, dan lainnya. Hal itu bertujuan untuk menarik minat pembeli. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari rumah baru, baik perumahan di Tanggerang, Bekasi, Bandung, dan lainnya, maka perhatikan tujuh hal ini sebelum Anda memilih rumah di perumahan.

1. Lakukan Pemeriksaan Lokasi
Tahap awal sebelum membeli rumah di perumahan yaitu dengan melakukan pemerikasaan rumah. Anda dapat melakukan pemeriksaan secara detail mengenai rumah di perumahan yang menjadi tujuan pembelian Anda, baik dibeli secara langsung dengan cara datang ke lokasi atau juga bisa melalui internet.

Alangkah lebih baik jika Anda melakukan beberapa pemeriksaan di beberapa lokasi yang berbeda agar Anda tidak hanya terpaku pada satu lokasi saja. Dengan melakukan pemeriksaan lokasi, maka pasti Anda akan memahami bagaimana kondisi kawasan yang ada di perumahan terebut, apakah kondusif atau tidak. Semua ini berlaku untuk semua perumahan, baik perumahan di Tanggerang, Bekasi, Bandung, dan daerah lain.

2. Perhatikan Tema Proyek Rumah
Cara memilih rumah yang selanjutnya yaitu dengan melihat bagaimana tema proyek pada perumahan tersebut. Saat ini, ada banyak pengembang yang sudah menentukan tema pada perumahannya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk melihat bagaimana tema pada lokasi perumahan tersebut. Dengan melihat tema perumahan, maka Anda dapat melihat lingkungan disekitar perumahan itu.

3. Perhatikan Bagaimana Posisi Rumah
Hal selanjutnya yaitu perhatikan posisi rumah yang akan Anda beli. Mungkin hal ini sedikit tidak masuk akal. Jika berbicara mengenai posisi rumah, tentu dimanapun posisi rumah Anda selagi Anda nyaman di posisi itu, maka tidak akan jadi masalah. Yang perlu saya tekankan di sini yaitu mungkin sedikit pencerahan untuk posisi rumah di perumahan.

Nah, biasanya rumah yang berada di posisi paling ujung akan menjadi target awal bagi para calon pembeli, dibandingkan dengan posisi rumah yang berada di tengah. Jika Anda memilih rumah yang berada di posisi paling pojok, maka akan sedikit menguntungkan karena Anda dapat mengembangkannya. Tentu, harganya juga berbeda dengan rumah yang berada di posisi tengah.

4. Perhatikan Status Rumah
Penting juga bagi Anda juga melihat status rumah yang menjadi target Anda. Yang paring sering ditawarkan oleh pengembang biasanya ada dua, yaitu rumah yang sudah siap huni dan inden. Rumah siap huni merupakan rumah yang siap untuk ditempati. Biasanya para pembeli diizinkan untuk melihat kondisi rumah secara langsung.

Berbeda dengan rumah siap huni, rumah inden umumnya pembeli hanya dapat memilih lokasi yang tersedia di site plan perumahan dan kemudian Anda akan diminta untuk menunggu dalam jangka waktu yang telah ditetakan oleh pengembang untuk proses pembangunan rumah.

5. Perhatikan Berapa Harga Rumah
Dalam pembelian rumah, biasanya harga juga menjadi salah satu yang vital bagi setiap orang yang ingin membeli rumah. Namun, sebelum Anda membeli rumah di perumahan, akan jauh lebih baik jika Anda bertanya terlebih dahulu kepada penjual rumah atau pengembang mengenai harga rumah dan sistem pembayarannya.

Tidak hanya sekadar bertanya saja, Anda juga harus teliti dan detail dalam bertanya, misalnya tentang beberapa hal lain seperti apakah biaya PPN 10% sudah termasuk atau belum, biaya Akta Jual Beli (AJB), biaya KPR, bea perolehan hak atas tanah bangunan (BPHTB), dan lainnya.

6. Perhatikan Kualitas Bangunan Rumah
Salah satu hal yang juga penting Anda perhatikan adalah kualitas. Banyak sekali pengembang yang membangun rumah dengan beberapa desain model yang sama. Hal itu juga menjadi salah satu yang termasuk ke dalam kategori kualitas, dan akan sangat berpengaruh bagi calon pembeli perumahan. Anda semestinya juga harus mempertimbangkan aspek kualitas ini, baik dari segi kualitas fisik rumah, model desain rumah, dan lainnya.

7. Perhatikan Fasilitas Dalam dan Luar Rumah
Pada umumnya, beberapa perumahan pastinya akan menawarkan beragam fasilitas baik fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Perumahan yang memiliki fasilitas yang memadai pasti akan menjadi buruan bagi calon pembeli. Sebagai contoh, fasilitas yang ditawarkan adalah musholla, tempat kesehatan, taman bermain, parkir, dan sebagainya.

Itulah hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih rumah di perumahan. Tidak perlu pusing dengan perumahan “abal-abal”, karena masih banyak perumahan yang memikirkan kualitas dan kepuasan para pembeli, baik itu perumahan di Tanggerang, Bandung, Jakarta, dan daerah lain. So, Anda hanya butuh perencanaan yang baik dalam memilih rumah yang tepat sesuai kebutuhan. 
Previous
Next Post »