Cara Invest Di Reksadana Online yang Perlu Anda Ketahui


Investasi merupakan akumulasi dari bentuk aktiva dengan harapan dapat memperoleh keuntungan untuk digunakan di masa depan. Investasi menjadi hal penting saat ini mengingat harga berbagai kebutuhan terus melambung sejalan dengan permintaan pasar yang kian meningkat. Ada banyak bentuk investasi mulai dari deposito bank, emas, valuta asing hingga yang cukup baru yakni reksadana. Reksadana banyak direkomendasikan oleh pakar keuangan karena tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, jenis investasi ini dapat mencakup banyak kalangan dari orang dewasa hingga mahasiswa sekalipun. Reksadana sendiri kini mulai merambah area digital dengan menghadirkan reksadana online.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai reksadana online, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya reksadana tersebut. Reksadana merupakan pola atau wadah pengelolaan dana untuk para investor yang menginvestasikan dana atau modal yang dimiliki ke dalam beberapa instrumen pasar investasi. Dana yang telah diinvestasikan kemudian akan dikelola oleh Manajer Investasi atau yang disingkat MI dalam bentuk portofolio investasi seperti saham, pasar uang, obligasi dan sebagainya.

Semakin berkembangnya teknologi,  Anda sudah harus mempertimbangkan berinvestasi dari sekarang. Reksadana online menjawab kebutuhan masyarakat dengan memberikan fleksibilitas serta kenyamanan investasi. Bagi Anda yang belum familiar bagaimana cara membeli reksadana secara online, berikut ini langkah-langkahnya;

1. Cari situs perusahaan reksadana online terpercaya
Anda harus mencari situs yang dapat diandalkan untuk menginvestasikan sejumlah dana yang dimiliki. Situs reksadana online biasanya tidak memungut biaya Anda melakukan registrasi sebagai member. Pastikan situs reksadana yang dipilih telah tergabung sebagai anggota agen penjual reksadana (APERD) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan  (OJK).

2. Isi data secara lengkap
Biasanya Anda akan diminta mengisi beberapa kolom data sebagai syarat untuk membuka rekening. Ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan seperti KTP, sampul buku tabungan, NPWP bagi yang sudah bekerja. Pastikan Anda mengisi data dengan dokumen yang benar.

3. Pahami syarat dan ketentuan yang berlaku
Pada tahap ini, Anda harus memahami syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan. Pelajari baik setiap detil yang berikan. Jangan sampai Anda terburu-buru sehingga beberapa bagian penting terlewatkan. Ketika sudah selesai membacanya, silakan beri 3 centang pada kolom yang tersedia.

4. Isi profil resiko nasabah
Tujuan dari pengisian profil nasabah ini sebagai salah satu preferensi untuk pemilihan produk investasi yang diinginkan. Isi profil dengan informasi yang lengkap dan tepat.

5. Segera lakukan aktivasi
Unduh dan cetak semua data yang telah diisi dengan menekan tombol yang biasanya tertera di akhir halaman. Sebelum mengunduh cek kembali jika data-data yang telah diisi sudah sesuai dengan dokumen yang dilampirkan sehingga Anda tidak perlu memperbaikinya jika terjadi kesalahan pengisian. Jika sudah benar, cetak dengan membubuhi materai 6000 lalu tanda tangani di bagian yang disediakan.

6. Kirim data ke perusahaan tujuan
Setelah itu Anda akan diminta untuk mengirimkan data yang telah dicetak ke alamat yang telah diinformasikan. Perusahaan reksadana akan memberikan konfirmasi kepada Anda sebagai perkenalan nasabah. Disini Anda sudah bisa memulai investasi.

Bagaimana cukup mudah bukan?. Perusahaan reksadana online mungkin menerapkan mekanisme yang sedikit berbeda, namun prosedur di atas merupakan gambaran umum ketika Anda ingin berinvestasi reksadana secara online. Reksadana online memberikan sejumlah kemudahan yaitu lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot-repot menjual dan membeli reksadana sampai keluar rumah. Anda tinggal memesannya melalui situs online dan lakukan transfer. Ayo coba reksadana online sekarang juga. 
Previous
Next Post »