Mengenal Kegunaan Lemari Arsip Untuk Kantor

Lemari arsip merupakan salah satu perlengkapan kantor atau furniture kantor yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai dokumen – dokumen lama atau baru. Dokumen yang disimpan tentunya pasti merupakan dokumen penting sehingga membutuhkan lemari khusus untuk menyimpannya agar berkas atau dokumen tersebut tidak hilang atau kotor.

Di pasaran banyak di jual lemari arsip dengan berbagai ukuran kapasitas dan bahan material pembuatnya. Jenis material yang di jual lemari arsip yang beredar dipasar biasanya dari material kayu dan besi. Untuk kualitas dari lemari arsip itu sendiri tentunya harus diperhatikan, seperti lemari arsip yang terbuat dari kayu tentunya harus memiliki lapisan kayu yang dapat tahan rayap agar dokumen yang Anda simpan didalam tidak ikut termakan rayap.


Untuk lemari arsip yang terbuat dari bahan besi juga harus diperhatikan kualitasnya. Pastikan untuk jenis lemari arsip besi pada bagian dalam lemarinya tidak lembab agar tidak ada jamur yang timbul akibat dari udara lembab.

Harga jual lemari arsip dipasaran pun beragam tergantung dari merk dan ukurannya. Dan untuk bentuk lemari arsip memiliki dua jenis yaitu jenis lemari arsip dengan dua pintu atau lemari arsip yang berbentuk seperti laci. Lemari arsip juga biasanya dilengkapi dengan kunci agar kemanan dokumen lebih terjaga dan aman.

Ukuran dari lemari arsip pun beragam dari ukuran dengan kapasitas yang cukup besar hingga standar yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan. Namun sebelum Anda membeli lemari arsip dengan ukuran yang Anda inginkan perhatikan ukuran ruangan terlebih dahulu, selain perlu Anda ketahui bahwa untuk jenis lemari arsip dengan material besi biasanya dapat dibongkar pasanga agar lebih mudah dalam membawanya.

Dalam penggunaannya, lemari arsip untuk kantor lebih banyak menggunakan lemari arsip dengan material besi selain karena kuat lemari besi tentunya lebih tahan rayap, tahan terhadap api dan tidak mudah dirusak. Jadi sangat cocok untuk pemakaian kantor, untuk harga jual lemari arsip besi memang jauh lebih mahal dibanding lemari arsip kayu. Jika penggunaan lemari arsip hanya untuk meyimpan berkas yang tidak terlalu penting mungkin lemari arsip kayu bisa jadi pilihan.
Previous
Next Post »