Periksa Kondisi Keuangan Anda Sebelum KPR


Ketika akan mengajukan kredit untuk membeli rumah, ada baiknya kita berhitung secara cermat mengenai kondisi keuangan kita. Tentunya, kita diharapkan dapat mengajukan kredit rumah yang memiliki harga jual rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan yang ada.Misalnya saja, Anda ingin membeli rumah dijual di Bandung tipe 40, maka sebaiknya kita dapat berhitung mengenai kondisi keuangan sehingga cukup untuk membeli rumah tersebut.

Hal ini sangatlah penting. Karena juga kita tidak menyesuaikan permohonan kredit dengan kondisi keuangan, bisa-bisa permintaan kredit ditolak. Jika pun disetujui, bisa jadi kita akan kesulitan membayar di kemudian hari. Ini tentunya akan berdampak buruk bagi kita karena akan masuk dalam daftar hitam atau blacklist Bank Indonesia. Selain itu, bank juga akan menyita rumah jika terus menunggak.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan kutuk mengetahui kondisi keuangan Anda. Cara tersebut adalah dengan cara mengelola pendapatan yang ada, mengelola daftar belanja, dan juga mengurangi pengeluaran yang ada.

Laporan Pendapatan
Ada baiknya anda memiliki laporan pendapatan setiap bulannya. Laporan pendapatan ini bisa berasal dari gaji bulanan, gaji kerja sampingan, gaji kotor, bersih,  juga dengan bonus, komisi, dan lain sebagainya. Ada baiknya pula anda membuat laporan yang telah dipotong dengan kewajiban lain seperti pajak, asuransi, dan lainnya. Dengan ini, anda dapat mengetahui kemampuan pendapatan anda.

Laporan Pengeluaran
Laporan pengeluaran juga sangat penting dibandingkan dengan laporan pemasukan. Laporan pengeluaran adalah segala pengeluaran yang anda gunakan dari dana masuk yang anda terima. Di antaranya adalah biaya belanja bulanan, biaya transportasi sehari-hari, komunikasi, asuransi, sekolah anak, dan lainnya.

Jika ternyata pengeluaran anda lebih tinggi daripada pemasukan, maka harus segera ada yang dibenahi dalam sistem keuangan anda. Ini dapat dilakukan dengan menekan angka pengeluaran yang akan di bahas di poin selanjutnya.

Menekan Pengeluaran
Setelah mengetahui kemampuan keuangan, anda dapat menekan pengeluaran. Perhatikan item pengeluaran yang kira-kira dapat ditekan. Biasanya uang makan siang bisa ditiadakan dengan membiasakan membawa bekal ke kantor. Selain itu, uang gaya hidup juga bisa sedikit dikurangi untuk menambah biaya untuk membayar rumah. dengan begitu anda akan tahu seberapa besar kemampuan anda untuk dapat memiliki rumah. anda juga bisa memikirkan bagai mana mencari dana tambahan apakah dari bekerja freelance di luar kerjaan utama atau lainnya.
Previous
Next Post »