Inilah Macam-Macam Jenis Printer!

Perkembangan teknologi seyogyanya mempermudah dan mempercepat kinerja masyarakat. Hal ini dapat kita rasakan dari perubahan  sistem analog ke digital, seperti halnya teknik cetak tulisan gambar maupun tampilan lainnya, yang dikenal dengan istilah printing. Printer adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak dokumen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis.

Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner.

Jenis printer sendiri terbagi dalam beberapa jenis, yaitu dot matrix, inkjet, laser, dan thermal.

1. Inkjet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut.
Printer sistem inkjet diperkenalkan pada tahun 1984, dengan inkjet printer dan printer ink cartridge, tugas pencetakan dokumen dan penggantian ink cartridge lebih sering dipergunakan, lebih dipercaya dengan hasil yang lebih bersih dari pada pita atau pengisian toner cartridge.
Saat ini metode cartridge diperlukan untuk mencetak baik hitam putih ataupun gambar dan photo warna. Perkembangan ink cartridge patut dibanggakan, karena kemampuannya menghasilkan cetakan di atas kertas yang berbeda jenis dan ukuran, pabrik, film dan lain-lain. Printer ini juga digunakan untuk sekolah-sekolah, rumah-rumah dan jutaan orang di seluruh dunia.

2. Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

3. Thermal
Thermal printer sangat berbeda dan berbeda dari printer inkjet normal atau bahkan printer laser. Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas untuk mencetak diatas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara).

4. Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan. Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja.

Dari beberapa jenis printer tersebut, printer juga memiliki beragam merk produk yang memiliki keunggulan masing-masing. Seperti halnya printer HP yang tergolong lebih unggul di kelas inkjet printer.
Keunggulan printer HP ini antara lain;
1. Paling cocok untuk penggunaan kantoran.
2. Catridge relatif lebih awet dibanding canon
3. Harga relatif lebih murah dibanding merk lain ( untuk printer sekelas)
4. Hasil cetak teks paling bagus dibanding merk lain
5. Print warna relatif lebih bagus dibanding merk lain.

Demikian tadi ulasan mengenai macam-macam jenis printer yang pernah ada. Semoga artikel ini bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar