6 Tips Sederhana Agar Renovasi Rumah Berjalan Sukses


Renovasi rumah sekarang sudah menjadi seperti tradisi untuk dilakukan, setidaknya untuk tiga tahun sekali. Renovasi rumah adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi seluruh anggota keluarga. Terutama proyek renovasi yang mengubah seluruh penampilan dan suasana rumah. Renovasi rumah membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan uang yang tidak sedikit. Anda bisa saja harus merogoh kocek yang hampir sama jumlahnya dengan membeli rumah baru bila Anda akan merenovasi total rumah yang Anda miliki.

Saat akan merenovasi rumah, Anda akan dihadapi banyak kendala seperti pekerjaan tidak selesai tepat waktu, tukang bangunan yang berbohong mengenai anggaran, pekerjaan yang tidak memuaskan, dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, simak tips agar pekerjaan renovasi rumah Anda berjalan dengan lancar berikut ini!

1. Memilih Jasa Tukang Bangunan yang Tepat
Tukang bangunan yang berkualitas adalah kunci utama dari kesuksesan proyek renovasi rumah. Berkualitas disini memiliki arti sang tukang bangunan haruslah bersifat jujur, tanggung jawab, dan memiliki pengalaman serta pemahaman yang cukup di bidang bangunan. Anda tentu tidak mau dibohongi oleh tukang yang licik mengenai harga bahan bangunan, serta tidak mau pekerjaan renovasi Anda dilakukan sekedar asal jadi saja, bukan? Gunakan jasa tukang bangunan yang terpercaya dan berpengalaman demi menghindari kesalahan dalam pekerjaan renovasi rumah Anda!

2. Selalu Siaga untuk Dana Tak Terduga
Jangan pernah bergantung sepenuhnya pada anggaran yang telah Anda siapkan dan perhitungkan sebelumnya. Tidak sedikit orang yang kecele dan harus menelan ludah saat melihat total biaya yang harus dikeluarkan setelah proyek renovasi rumah selesai karena biasanya, orang-orang cenderung mengabaikan pentingnya memiliki dana untuk biaya tak terduga. Sediakan setidaknya 20% dana ekstra melebihi anggaran yang telah Anda perhitungkan agar ketika biaya akhir proyek renovasi keluar, Anda tidak panik.

3. Bentengi Diri dan Keluarga dari Debu
Teruntuk Anda yang memilih tetap tinggal di rumah yang sedang ada proyek pekerjaan renovasi, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan diri Anda dan penghuni rumah lainnya karena proyek renovasi mengeluarkan debu dan kotoran dalam jumlah banyak. Antisipasi penyakit yang datang dari debu dengan kotoran dengan menggunakan master setiap saat dan memasang air purifier di rumah agar debu dan kotoran hasil pekerjaan renovasi terserap dan tidak menyebar begitu saja di udara.

4. Konsisten
Ada kalanya saat proyek renovasi sedang berlangsung, Anda tergiur untuk mengubah ide yang tadinya sudah disepakati menjadi ide ide lain karena tergiur dengan penampilan rumah yang Anda temui sehari-hari. Sekali sudah deal dengan tukang bangunan atau kontraktor mengenai akan seperti apa penampilan rumah kelak, jangan Anda ubah-ubah lagi. Konsisten diperlukan agar nantinya hasil renovasi rumah tidak mengecewakan dan juga membantu memudahkan pekerjaan tukang bangunan yang Anda pekerjakan.

Demikian tadi beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin merenovasi rumah Anda, semoga artikel ini bermanfaat.
Previous
Next Post »