Tips Mencegah Dampak Negatif Internet Pada Anak-Anak


Individu zaman sekarang memang perlu mengenal teknologi dan internet yang semakin hari semakin canggih. Internet sebenarnya hadir untuk mempermudah segala pekerjaan kita. Internet sendiri sudah seperti perpustakaan raksasa yang tidak memakan tempat dan bisa diakses oleh siapa saja.

Anak-anak pun tak bisa dihindarkan dari pengaruh internet ini. Namun terkadang, para orang tua merasa khawatir karena berbagai dampak negatif internet yang rentan terhadap anak-anak. Anak-anak yang cenderung tidak bisa mengontrol segalanya dan penuh dengan rasa ingin tahu ini perlu mendapat anjuran dari para orang tua. Berikut kining.net akan berikan tips mencegah dampak negatif internet pada anak-anak.

Berikan Pengertian
Alih-alih melarangnya dan menimbulkan perselisihan dengan Anak, Anda lebih baik memberikan pengertian dan saran positif secara halus pada anak. Caranya bisa ditempuh orang tua dengan memperkenalkan dan memberi contoh penggunaan internet yang positif. Anak-anak biasanya bersifat meniru dan anak akan meniru penggunaan internet positif itu.

Jangan Berikan Gadget Terlalu Dini
Mampu mengoperasikan gadget memang sangat penting, namun orang tua harus teliti. Gadget dan internet bisa dipelajari dengan sangat mudah kok ketika mereka cukup umur nanti. Jangan memberikan gadget pada anak yang masih balita. Kenalkan ia terlebih dahulu pada kepekaan dunia luar, interaksi dan lain-lain.

Buat Sejumlah Aturan Penggunaan Internet
Rasa kasih sayang orang tua tidak ditunjukkan dengan memberikan kebebasan penuh pada anak-anak. Ingat bahwa anak-anak membutuhkan guide untuk setiap hal yang mereka lakukan. Misalnya saja Anda bisa mengontrol waktu penggunaan internet anak.

Gunakan Fitur Browser untuk Memblokir Konten Terlarang
Nah, sebelum memberikan sebuah gadget pada anak-anak, Anda harus mengotak-atiknya terlebih dahulu. Anda bisa mengaktifkan fitur yang dapat secara langsung memblokir konten terlarang di browser. Misalnya saja Anda bisa menginstal Parental Content & Web Filter from Metacert untuk memblokir situs-situs terlarang.

Ajarkan Anak-anak untuk Melindungi Privasi
Internet telah menjelma seperti diary publik. Anda harus bisa memberikan pengertian kepada anak-anak untuk tidak sembarangan mengumbar informasi. Kejahatan telah beredar dan kadang mengincar anak-anak yang kurang penjagaan.

Sekali lagi, kita tentu tak bisa menutup mata anak-anak akan internet, sebaliknya kita bisa mengontrolnya. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka Anda telah bisa mencegah dampak negatif internet pada anak-anak. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar